Patung krisna


Kresna merupakan salah satu tokoh protagonist dalam wiracarita Mahabharata dan juga merupakan salah satu dewa yang dipuja oleh umat Hindu . Ia adalah putera kedelapan Prabu Basudewa (putra raja Surasena) dan Dewaki (keponakan raja Ugrasena).Orangtuanya termasuk kaum Yadawa aau Keturunan Yadu, putera raja legendaris Yayati.

Saat meninjau angkatan perang dan mengamati pihak yang akan berperang. Arjuna menjadi ragu setelah menyaksikan bahwa yang akan dihadapinya adalah keluarga, sepupu, kerabat, serta kawan-kawan yang dicintainya.Kresna kemudian menasihati Arjuna tentang perang yang akan dihadapinya. Hingga percakapan itu meluas hingga Kresna menguraikan ajaran iswara (ketuhanan), jiwa, dharma (kewajiban), prakerti (alam semesta), dan kala (waktu), yang terkenal dengan Bhagawadgita. Kresna juga menjelaskan bahwa tujuannya berada di dunia adalah untuk menyelamatkan orang saleh dan membinasakan orang jahat. Salah satu kutipan yang terkenal adalah

“ Kapanpun dan dimanapun kebajikan merosot, dan kejahatan merajalela, pada saat itulah aku menjelma, wahai keturunan Bharata (Arjuna). Untuk menyelamatkan orang saleh dan menghukum orang jahat, serta menegakkan kebenaran, aku lahir dari zaman ke zaman. (Bhagawadgita, 4:7–8) ”

No comments:

Post a Comment