Desa Menanga Tanah Kelahiranku.



Baca Juga tentang sejarah desa Menanga
Batas Administrasi
Lokasi desa Menanga termasuk wilayah kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem yang terdiri dari 8 dusun dengan luas wilayah 1426,75 Ha. Batas administrasi Desa Menanga sebagai berikut :
Kondisi bentang lahan Desa Menanga berupa dataran seluas 1426,75 Ha dengan ketinggian 400 – 1000 meter dari permukaan laut. Keadaan suhu rata-rata di desa Menanga yaitu 24o C dengan curah hujan rata-rata pertahun 2000 mm. Untuk tingkat kesuburan tanah, Desa Menanga termasuk memiliki tanah subur seluas 428 Ha dan kesuburan sedang seluas 116 Ha dengan kedalaman efektif tanah kurang dari 50 cm.
Flora / Fauna
Keadaan Menanga adalah daerah Pegunungan yang berpasir. Angin bertiup adalah angin Pegunungan yang sejuk, dan bertemu dengan arus laut. Ini memungkinkan tumbuhan yang bisa hidup di daerah ini adalah tumbuhan pantai dan tumbuhan pegunungan.
Sebagai contoh tumbuhan kelapa dan jeruk, sumaga, cengkeh, salak, panili dapat hidup dengan subur dan berbuah lebat, disamping cara pengolahan yang baik. Tapi sayang padi Uma sedikit, karena mata air yang terdapat di wilayah kedesaan tidak bisa mengairi tanah kedesaan Menanga, termasuk perkebunan cengkeh. Fauna yang ada di desa Menanga yaitu binatang-binatang peliharaan yang menunjang pembangunan produksi berkembang dengan pesat.
Klimatologi
Iklim sangat nyaman dan sejuk. Angin bertiup adalah angin pegunungan yang sejuk. Curah hujan sesuai dengan keadaan iklim di daerah Indonesia lainnya yaitu musim kemarau antara April – Oktober dan musim penghujan yaitu antara Oktober – April. Tapi karena terletak paling timur, curah hujan agak kurang dari wilayah barat bagian Indonesia ini.
Keadaan Ekonomi
Memperhatikan keadaan tanah di kedesaan Menanga dimana dua pertiganya berbentuk perbukitan berpasir ini berarti bahwa tanahnya kurang subur namun demikian berkat pengaruh iklim yang sejuk dan diimbangi dengan pengolahan tanah yang intensif sehingga hasil produksi pertanian cukup baik dan dapat menunjang usaha-usaha perdagangan. Disamping itu akan dapat pula menunjang pengembangan sector peternakan
Adat istiadat
Untuk melaksanakan dan mentaati aturan-aturan maupun instruksi dari pemerintah maka masing-masing banjar dibuat suatu awig-awig yang ditaati bersama tanpa seorangpun yang membangkang. Ini dapat kami buktikan, tak sebuahpun istruksi pemerintah maupun aturan-aturan/awig-awig yang menjadi keputusan bersama adanya yang mandeg.
Disamping itu aci/upacara misalnya mecaru dan piodalan berjalan sangat lancer. Ini berkat toleransi kita masyarakat di kedesaan Menanga sebagai umat beragama, masih memegang teguh keyakinan-keyakinan yang kita anut.
Untuk memperlancar tugas dan derap pembangunan di kedesaan Menanga, perlu dikemukaan disini beberapa sarana yang menunjang awig-awig itu.

No comments:

Post a Comment